Aset Perbankan Syariah Tumbuh 44,4%

Posted: April 27, 2009 in Keuangan & Perbankan

syariaJAKARTA – Perbankan syariah tetap mampu menunjukkan kinerja di tengah krisis keuangan global yang sedang terjadi dengan mencatat pertumbuhan aset sebesar 44,4 persen pada Januari 2009. Peningkatan aset didorong oleh semakin ekspansifnya pembiayaan dan pembukaan cabang maupun outlet syariah.

Statistik perbankan syariah yang diterbitkan oleh Bank Indonesia (BI) menunjukkan, pada akhir Januari 2009 aset perbankan syariah di luar BPR syariah mencapai Rp51,81 triliun atau meningkat 44,4 persen dibandingkan posisi per akhir Januari 2008, yakni sebesar Rp35,87 triliun.

Namun, bila dibandingkan Desember 2008, aset perbankan syariah pada Januari 2009 itu meningkat Rp2,25 triliun atau 4,5 persen. Sedangkan pada periode Januari 2008-Januari 2009, kucuran pembiayaan syariah meningkat Rp11,09 miliar atau naik 40,9 persen menjadi Rp38,2 miliar.

Pengamat perbankan syariah Adhiwarman Karim menilai pertumbuhan aset didorong oleh peningkatan penyaluran pembiayaan di segala sektor. Selain itu, jumlah outlet perbankan syariah juga terus bertambah.

Tanpa memasukkan gerai BPR syariah, jumlah outlet perbankan syariah pada Januari 2008 baru 603 gerai. Tapi pada akhir Januari 2009, jumlahnya telah bertambah menjadi 696 gerai.

“Artinya rata-rata per bulan ada penambahan tujuh hingga delapan outlet. Itu memang wajar karena ekspansi pembiayaan perbankan syariah juga cukup tinggi,” jelasnya, di Jakarta, Minggu (15/3/2009).

Adhiwarman mengatakan, ekspansi pembiayaan dan gerai perbankan syariah tahun ini boleh jadi akan semakin kencang. Sebab, beberapa bank berencana meningkatkan bisnis syariah dengan mengubah unit usaha syariah menjadi bank umum syariah. Bahkan, investor asing juga disebut tertarik masuk ke perbankan syariah. (Tomi Sujatmiko/Sindo/ade)0kezone.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s