Chelsea Waspadai Pesta Gol Barcelona

Posted: April 27, 2009 in Pojok Gawang

0506024p

LONDON, KOMPAS.com — Siapa pun tak akan membantah jika Barcelona disebut sebagai tim paling subur musim ini. Trio penyerang mereka sangat haus gol dan ini menjadi ancaman besar bagi Chelsea di babak semifinal Liga Champions.

Hingga pertengahan April ini, kerja sama Samuel Eto’o, Thierry Henry, dan Lionel Messi sudah menghasilkan 85 gol dari 49 penampilan “El Barca” di semua kompetisi. Eto’o menyumbang 31 gol dari 39 penampilannya bersama “Blaugrana”. Messi yang nongol paling sering, 42 pertandingan, mencetak 32 gol. Henry kini sudah menyarangkan bola sebanyak 22 kali dari 32 penampilan.

Tak satu pun tim di Eropa yang menyamai atau bahkan mendekati perolehan mesin gol itu. Trio Chelsea, tim yang akan menjadi tamu mereka di leg pertama semifinal Liga Champions, hanya mengemas lebih dari separuhnya. Nicolas Anelka mencatat 21 gol, Frank Lampard mengoleksi 17, sementara Didier Drogba masih 10. Total 48 gol.

Pentingkah angka-angka itu? Pasti. Kedua tim sudah pernah bertemu tiga kali di babak sistem gugur dan Barca memenangi dua di antaranya. Striker Seidou Keita berharap timnya bisa menang tanpa kemasukan gol karena mereka sangat mengenal permainan Chelsea.

“Penting untuk menang tanpa kebobolan,” katanya melalui situs klub. “Chelsea adalah lawan yang sudah kami kenal dengan baik. Kami menonton banyak duel mereka dan menganalisis kelemahan dan kelebihan mereka.”

Chelsea pun berharap hal serupa dan tak ingin kebobolan banyak gol di Camp Nou, seperti yang dialami oleh Bayern Muenchen di babak perempat final. Jika itu Barca menang besar, perjuangan “The Blues” di Stamford Bridge pekan depan akan semakin berat.

“Jika kami kebobolan banyak gol di laga itu, duel ini hampir selesai. Sangat penting bagi kami untuk mencatat hasil baik di Camp Nou,” kutip Guardian atas pernyataan Drogba.

Messi jelas-jelas menjadi ancaman paling menakutkan bagi “The Blues”. Jika pelatih Guus Hiddink harus menurunkan Jose Bosingwa, yang baru sembuh dari cedera, itu pertanda bahwa Messi memang harus dikawal oleh bek berpengalaman. Bosingwa yang biasa berjaga di sayap kanan ditarik ke kiri untuk mematikan gerak “Sang Mesias”, julukan bagi Messi.

Selain mematikan Messi, “The Blues” juga harus melumpuhkan Eto’o dan Henry. Tugas berat sudah menanti John Terry, Alex, dan Branislav Ivanovic untuk membentengi gawang Petr Cech. Di lini tengah, Hiddink kemungkinan besar akan mengandalkan mantan pemain Barca, Deco, untuk menutup gerak Xavi Hernandes. Belum lagi Andres Iniesta dan Daniel Alves, dua pemain yang juga sudah saling memahami pergerakan antarteman.

Comments
  1. theblues says:

    Pertandingan yang sangat menarik dan menegangkan malam itu. barca jempol tapi tetap theblues paling puolll.
    :)D nice post mate.

  2. donovan says:

    menyebalkan…………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    wasit curang..!!!!!!!

  3. andi_warholll says:

    no heart feeling guys..!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s