Bank Permata, Juara Umum Annual Report Award 2008 “The Best Company in Disclosure”

Posted: August 13, 2009 in Keuangan & Perbankan

permatabank

Juara umum Annual Report Awards 2008 (ARA) kali ini diraih oleh perusahaan swasta P.T. Bank Permata Tbk, yang tahun ini berhasil menggusur PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) yang menjadi juara umum tahun sebelumnya.  Namun, untuk kategori Perusahaan Private Keuangan Non-Listed tidak ada pemenangnya. Karena dari peserta yang masuk kategori ini tidak satupun mencapai batas minimal nilai yang harus diperoleh. “Ternyata kultur keterbukaan terutama untuk informasi yang akurat, timely, faktual masih jauh karena untuk kategori Private Keuangan Non-Listed tidak ada pemenangnya,” kata Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan RI, di tengah penyerahan ARA 2008 di Jakarta, Rabu (12/8).

Menurut Sri, ARA yang dimulai pada 2002 memiliki kriteria keterbukaan informasi publik terkait laporan keuangan. Esensi pemberian penghargaan adalah membangun kultur keterbukaan dan kualitas informasi. “Itu adalah filosofi dalam sistem ekonomi, pertukaran ekonomi yang basisnya informasi, yang adalah nilai dalam suatu transaksi. Tujuannya adalah membangun perekonomian Indonesia yang maju dan mandiri,” ungkapnya.

Adapun Ketua Panitia ARA 2008 A. Fuad Rahmany  menuturkan penyelenggaraan ARA bertujuan untuk meningkatkan keterbukaan informasi dan penerapan Good Corporate Governance (GCG) di sektor dunia usaha, baik BUMN/BUMD maupun perusahaan swasta, baik yang tercatat dan tidak tercatat di Bursa Efek. ARA 2008 yang bertema Transparansi Informasi sebagai Upaya Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat pada Masa Krisis ini diikuti 163 perusahaan. Dari jumlah tersebut ada 46 perusahaan baru yang ikut ARA. “Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak perusahaan yang berusaha memperbaiko kualitas laporan tahunannya dan mengetahui kegiatan ARA,” tutur Fuad.

Ada beberapa kriteria yang diterapkan panitia untuk memilih pemenang di 7 kategori dan 1 juara umum. Para peserta itu, kata ketua tim juri Mar’ie Muhammad dinilai secara kuatitatif. “Penilaian selanjutnya mencakup bentuk dan isi laporan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, kelengkapan profil perusahaan, pelaksanaan CSR, pengungkapan laporan keuangan berdasar prinsip akuntansi yang bersikap umum,” katanya.

Pemenang ARA 2008 untuk Kategori BUMN Keuangan Listed adalah P.T. Bank Mandiri Tbk., BUMN Keuangan Non-Listed adalah P.T. Jamsostek, BUMN Non Keuangan Listed P.T. Adhi Karya, BUMN Non Keuangan Non Listed P.T Garuda Indonesia, Private Keuangan Listed P.T. Bank Permata Tbk., Private Non Keuangan Listed P.T Bakrieland Development Tbk., dan Private Non Keuangan Non Listed P.T. Petrokimia Gresik.

sumber. Kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s